Kamis, 17 Desember 2009

Sang Pemimpi




"...Entahlah, saat melihat film ini saya seperti membayangkan memakan makanan pembuka. Menarik, aromanya enak, menggoda untuk dimakan tapi tidak mengenyangkan. Bahkan ketika film ini selesai, pasti banyak penonton yang bertanya dikepalanya ( loh, udah ), beda sekali dengan closing manis dan tidak terlupakan di film Laskar pelangi..., satu lagi.., saya sebenarnya ragu dengan tokoh Arai dewasa (Ariel peterpan), sebelum menonton film ini saya ragu apakah dia bisa berakting, setelah menonton akhirnya saya benar-benar yakin dia tidak bisa berakting. ."


Oh Sang Pemimpi, Akhirnya saya melihatnya juga,

Sang pemimpi disebut-sebut film paling dinanti desember ini. Akhir-akhir ini memang banyak film yang bertajuk “paling dinanti”, ketika cinta bertasbih yang heboh itu juga berjuluk “paling dinanti”, sayang saya belum pernah menonton KCB ( ini singkatan gaulnya KCB, bagi yang belum tau).

Yang jelas kedua film memiliki persamaan,

Yang pertama , keduanya merupakan versi film dari novel yang sudah laris luar biasa kayak kacang goreng

Eh, karena kacang goreng sudah tidak laku saya ralat

Yang pertama , keduanya merupakan versi film dari novel yang sudah laris luar biasa kayak formulir SNM-PTN

Yang kedua, film-film bertajuk “paling dinanti” itu punya promo yang heboh pula, muncul di billboard-billboard gede-gede di kota-kota besar,dan tiketnya bahkan bisa dipesan hingga empat hari kedepan, bahkan bisa dipesan sebelum hari premiernya.

Dan ketiga, film-film itu dibuat berseri

Saya sendiri sebenarnya tidak alergi dengan film indonesia yang laris. Beberapa film laris ternyata masih mampu membuat saya autis tak bergeming di kursi bioskop menikmati filmnya. Tentu saja bukan film laris semacam “hantu-hantuan” ato film “bukak-bukaan” , menonton film itu dibioskop akan menyebabkan kemaluan ( maaf) , maksudnya maluu, anda akan merasa kotor melihat film hantu-hantuan atau bukak-bukaan, atau kombinasi keduanya (masyallah).kecuali film horor tertentu yang asik, tapi film bukak-bukaan belum ada yang bikin autis, slalu bikin merinding

Kembali ke Sang pemimpi,

Kabarnya film ini sekuel dari film laskar pelangi yang terkenal itu ,tapi seperti yang terdapat pada novelnya, yang diteruskan ceritanya hanya cerita tokoh utama dan keluarganya, sementara karakter lain di cerita pertama memang tidak diteruskan ceritanya, kecuali lintang, sahabat ikal pada laskar pelangi yang namanya sempat disebut di sang pemimpi.

Film “The Dreamer” (bahasa inggrisnya Sang Pemimpi, bener gak sih) , menceritakan tentang Ikal ( Lukman Sardi), Arai ( ) dan Jimbron() yang merupakan sahabat sejak kecil yang punya mimpi dan mereka bertiga berusaha keras meraih mimpi mereka, Ikal bermimpi ke Paris untuk berkuliah disana, Arai yang mengusulkan mimpi ke Paris juga mempunai mimpi lain, yaitu memikat hati pujaan hatinya Zakia Nurmala, sementara Jimbron punya mimpi melihat kuda serta membuat pujaan hatinya, Laksmi tersenyum . Kebanyakan penonton bioskopnya mungkin pembaca novelnya ( seperti saya ) dan mungkin kebanyakan dari mereka juga sudah tau ceritanya ( seperti saya), lalu mungkin mereka menonton filmnya karena penasaran seperti apa dunia novel tersebut di mata sutradaranya Riri Riza ( seperti saya ).

Beberapa mungkin kecewa karena penggambaran film dan jalan ceritanya sedikit berbeda dengan novelnya ( tidak seperti saya ). Film dan novel memang berbeda, novel merupakan imajinasi penulisnya dan setiap pembaca bisa berimajinasi sesuka hati, tetapi film adalah imajinasi sutradara yang digambarkan, jadi penonton hanya melihat imajinasi sutradara yang mungkin, ternyata berbeda dengan bayangan penonton ketika membaca novel.

Saya harus memberi apresiasi karena kualitas sutradaranya memang tidak berubah, dia berhasil membuat film “mahal” ini tervisualisasikan dengan baik dan memang terasa berkelas. Gambar-gambar detil itu berhasil membius dan karakter-karakter melayu lugu khas laskar pelangi berhasil tergambarkan dengan baik lewat akting aktor-aktor yang baru pertama kali main film itu ( kecuali Lukman Sardi, Mathias Mucus,Rieke Diah Pitaloka, dan sisanya saya gak apal). Plot yang dibawakan juga asik, cerita diawali kekecewaan Ikal karena Arai menghilang, lalu flashback ketika mereka masih SMA, selanjutnya cerita mengalir dengan tempo asik menceritakan bagaimana mereka saling bertemu dan berpetualang bersama. Yang jelas saya harus kagum dengan karakter-karakter tokohnya yang kuat itu.

Tapiii,

Ada yang kurang disini,,

Entahlah, saat melihat film ini saya seperti membayangkan memakan makanan pembuka. Menarik, aromanya enak, menggoda untuk dimakan tapi tidak mengenyangkan. Bahkan ketika film ini selesai, pasti banyak penonton yang bertanya dikepalanya ( loh, udah ), beda sekali dengan closing manis dan tidak terlupakan di film Laskar pelangi..., satu lagi.., saya sebenarnya ragu dengan tokoh Arai dewasa (Ariel peterpan), sebelum menonton film ini saya ragu apakah dia bisa berakting, setelah menonton akhirnya saya benar-benar yakin dia tidak bisa berakting. Sumpah, karakter Arai muda jadi sia-sia ketika Arai dewasa diperankan oleh Ariel. Hmm, semoga kualitas aktingnya membaik ketika film ketiga keluar

Saya masih positif thinking,

Waktu melihat The Lord of The Ring juga film keduanya kurang greng, tapi film penutupnya ciamik. Saya harap ini juga berlaku untuk Tetralogi Laskar pelangi.

Empat jempol punya saya, dua jempol tangan dan dua jempol kaki yang saya siapkan untuk film ini berkurang hanya dua jempol saja. Untuk tata artistik yang memang jempolan, dan untuk karakternya yang dikerjakan dengan super serius.

Semoga jempol saya bertambah di film mereka selanjutnya,dinanti...apakah makanan utamanya seenak makanan pembukanya.Yang jelas saya suka salah satu quote nya .


“Yang penting bukan seberapa besar mimpi kamu, tapi seberapa besar kamu untuk mimpi itu”


Produser : Mira Lesmana

Produksi : Miles Film

Durasi : 120 menit

Pemain : Lukman Sardi, Mathias Muchus, Nugie, Landung Simatupang, Rieke Diah Pitaloka, Yayu Unru, Vikri Septiawan, Rendy Ahmad, Azwir Fitrianto, Jay Wijayanto, Nazril I

Sutradara : Riri Riza

Penulis : Salman Alristo, Riri Riza, Mira Lesmana


Rating :



10 komentar:

  1. Hmmm,,, padahal saya cukup puas dengan laskar pelangi... akting tiap pemeran memang sangat berpengaruh pada bagaimana penonton merasakan dan menikmati 'hidangan' dari sang sutradara...

    saya takut kejadian Sama seperti pd film KCB 1 terulang, imajinasi saya yang liar berpetualang kemana mana ketika baca novelnya, lunglai seketika waktu liat filmnya...

    Oke, mari kita tunggu edisi ketiganya bung nobo...

    gud job..

    BalasHapus
  2. aku belum nonton bo...
    jadi...sebaiknya nonton atau tidak ya??

    BalasHapus
  3. @ g_ajjah : eh, itu dibaca gajjah??
    hehehe...
    becanda..

    loh, yang dibuat nonton duitmu ndiri tah?
    yah terserah...,mw nonton apa enggak,aku cuma menuliskan pengalamanku ntn itu
    :)

    kalu kamu minta aku traktir nonton, maka dengan penuh keyakinan aku akan bilang :
    mending gak usah nonton deh

    :D

    BalasHapus
  4. @zizka : okeh..aku belum nonton KCB tapi...tak tau bagaimana rasanya...

    kalau KCB = Kambing cincang berkuah

    mak aku gakmau karena gak suka kambing
    :P

    *piisss

    BalasHapus
  5. apapun yang kamu tuliskan aku akan tetap nonton biar gaul and hype. wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  6. aku melok mbak titis, pertamanya gamau nonton, gara2 mas nobo aku jd pengen liat.

    menurutku yah mas, menurutku loohhh
    aku lebih suka sang pemimpi daripada laskar pelangi.
    film nya itu sesuai sama bayanganku waktu aku baca bukunya.
    tapi sempet bosen waktu bagian ikal marah sama arai. tapi bosen nya itu kebayar lunas sama adegan berikutnya, waktu ikal ngejar bapaknya habis dia terima rapot. aku nuangeeess..
    bwuuahhahahahaa *gembeng

    tapi aku suka film nyaaaa. menginspirasi banget.
    dan waktu si ariel muncul
    jeng jeng jeng
    tak pikir dia mau lanjut nyanyi trus syuting video klip ;p
    engga deeng..
    tapi aktingnya lumayan kok. masio rodok mekso

    semoga film selanjutnya lebih bagus!

    BalasHapus
  7. satu lagi yang tidak kalah penting
    AKU SUKA ARAAAIIIII VERSI JAMAN SMA
    ganteeeng! HA-HA-HA

    BalasHapus
  8. @ miruuy : tuh kan...tuh kan..
    kamu jugak berasa aneh sama akting si ariel...
    :D

    aku juga gak bilang lebih bagus laskar pelangi daripada sang pemimpi...

    aku cuma bilang
    lebih suka ending laskar pelangi
    :P

    dan aku jugak suka arai muda..
    tapi bukan gantengnyaaa...
    tapi cara dia membawakan karakternya dengan santai dan cool
    *padahal dia baru pertama maen film

    BalasHapus
  9. @ mbak titis :
    yoiyolah..,mbak tis kan nyobain semua yang lagi nge-tren
    :D

    BalasHapus
  10. iyah sumpah keren bangeeett arai muda nyaaaa!
    lukman sardi juga, aku sukaaa
    tapi kok rada ga mirip sama pas jaman nya dia sma.
    kalo si arai muda sama ariel itu masih rodok mirip yo mas..

    BalasHapus